Artikel : Cara sederhana untuk bahagia

By Claudia Tasya - November 25, 2018




I think I never talk about this one seriously, bout I became more positive person lately. So let's talk about it!

1. Tertawa

Percaya nggak percaya tapi ini salah satu faktor kenapa orang bisa terus bahagia. Seperti menonton film komedi, atau bercanda bersama teman. Ketika tertawa bukan dianggap sebagai keharusan namun juga cara untuk menenangkan diri atau merileks kan diri dari segala tekanan atau masalah masalah. Intinya seperti jangan terlalu serius atau bahasa jawanya sepaneng. Karena ketika kita tertawa, maka secara nggak langsung energi kita akan menjadi positif. Suasana yang tadinya tegang jadi cair saat kita tertawa. Jadi jangan takut tertawa takut dianggap orang gila, karena tertawa adalah salah satu cara sederhana untuk menjaga kita untuk tetap waras.

2. Jangan membanding bandingkan

Rasanya banyak sekali yang sudah membahas ini, hingga rasanya capek nggak sih liat semua orang isinya masih aja ngedumel pengen punya si itu, pengen punya si ini. Seperti kebahagiaan seseorang itu dilihat dari barang nya atau ketika dia memiliki barang mahal itu dianggap dia bahagia. Padahal kalo barang nya udah mirip sama yg dia ingin kan terus yaudah, gitu aja. Nggak ada rasa yang lebih dari kepuasan karena memiliki barang yang sama. Padahal kalo barang yg kita miliki itu sebelumya memiliki harga yg lebih berharga. Misal, hasil nabung sekian lama atau dibeliin sama orang tua atau dikasi oleh oleh sama saudara. Karena mungkin orang lain bisa memiliki barang yang sama, namun akan beda harganya ketika barang itu memiliki cerita dibaliknya. Kalaupun ceritanya sama, akan tetap beda rasanya. Mengertikan maksudnya?. Itulah kenapa kita harus berhenti membandingkan dengan orang lain, karena hidup orang pasti berbeda beda. Takdir orang, mimpi seseorang, pencapaian seseorang pasti akan berbeda beda, Dengan membanding bandingkan hanya akan membuang waktu secara percuma, waktu akan terus berjalan dan kita tidak pernah bisa berjalan kembali atau mundur. Jadi, gunakan waktu sebaik mungkin, selama apa yang kita miliki masih ada.  
 
3. Bersyukur dan merasa cukup

Ini juga hal klise yang banyak orang bahkan sehari hari selalu bilang. "Jangan lupa bersyukur ya", "jangan suka ngeluh", "bersyukur lah jangan minta mulu", atau "udah sih" dan masih banyak lagi. Nyata nya memang benar, salah satu hal yang membuat kita bahagia adalah merasa cukup, dan bersyukur. Karena kita pasti akan selalu merasa kurang, akan segala hal. Entah itu masalah keuangan, asmara, sahabat, kerjaan, cita cita, mimpi dan banyak lagi. Karena sebenarnya dimana kita merasa cukup adalah bukan merasa kurang namun mensyukuri apa yang kita punya. Sesederhana itu. 
Namun yang kita lakukan kadang adalah sebaliknya, tidak bersyukur dan terus meminta. Apakah semua yang kita miliki sekarang akan terus ada? Apa yang kita miliki sekarang tidak cukup? Apakah semua yang kita minta akan menemukan akhir? Apakah kita akan selalu memiliki waktu lebih untuk terus meminta?
Nyata nya kita akan terus meminta entah sampai kapan. Jangan sampai terlambat, karena apa yang kita miliki sekarang, mungkin tak akan kita miliki di masa mendatang.

A good laugh heals a lot of hurts. — Madeleine L’Engle

  • Share:

You Might Also Like

0 comments